Bahan yang dibutuhkan

Pastikan bahan yang Anda gunakan adalah bahan-bahan yang berkualitas, baru, terjaga dan memiliki rasa yang enak dimakan agar pelanggan Anda bertambah banyak dan itu berarti keuntungan yang akan Anda dapatkan. Baik  tanpa panjang lebar bunda akan langsung beberkan bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan martabak bangka / terang bulan. Adapun bahan-bahannya sebagai berikut :


  1. Tepung terigu
    Berfungsi sebagai bahan utama martabak. Sebaiknya, beli tepung berkualitas baik, kering dan tidak apek. Hati-hati dengan harga murah yang ditawarkan, salah-salah bisa menyesatkan dan ini berarti kerugian. Selalu ayak tepung sebelum digunakan. Simpan sisa tepung dalam wadah kering bertutup rapat dalam suhu ruangan. Bagi pemula, beli tepung secukupnya. Jangan menimbun tepung karena jika terlalu lama dalam penyimpanan mengurangi kualitasnya.
    Tersedia tiga macam tepung terigu, yaitu tepung berprotein tinggi (hard flour). Tepung jenis ini cocok digunakan untuk bahan aneka jenis martabak. Yang kedua tepung dengan kandungan protein sedang (medium hard flour) digunakan untukpembuatan aneka cake atau kue-kue (recomended bunda). Jenis ketiga, yaitu tepung berprotein rendah (soft flour), digunakan untuk membuat aneka kue kering atau cookies dan beberapa jenis cake tertentu yang tidak membutuhkan pengembangan tinggi (Jangan pernah pakai tepung jenis ini!).
  2. Telur
    Digunakan dalam proses pembuatan martabak sebagai pengembang dan pengempuk adonan hingga menghasilkan martabak yang lembut, memberi aroma, memperkaya rasa dan memberikan warna alami pada martabak. Telur langsung dapat ditambahkan pada adonan sesuai yang disebutkan diresep. Gunakan kuning telur untuk membuat hasil yang lebih lembut dan lebih legit
    Telur yang digunakan adalah telur ayam. Berat rata-rata sebutir telur ayam 50gr dan 1 kg telur berisi 16 hingga 20 butir. Untuk hasil martabak yang berkualitas, hindari penggunaan telur sintetis yang banyak dijual ditoko yang menjual bahan-bahan kue. Pilih telur yang segar. Memilih telur yang baik bisa dilakukan dengan memasukkan telur ke wadah berisi air. Jika telur tenggelam, tandanya telur dalam keadaan baik. Sebaliknya, jika mengapung maka telur dalam keadaan busuk atau dalam proses membusuk. Sebelum digunakan, cuci bersih telur untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada kulit, lalu lap kering agar kotoran tidak terikut sewaktu telur dipecahkan.
    Tips : Jangan pecahkan telur langsung diatas adonan. Pecahkan telur dalam mangkuk untuk mengetahui telur dalam keadaan baik dan patut digunakan.
      Jika telur disimpan dalam lemari es, sebelum digunakan, biarkan terlebih dahulu dalam suhu ruangan agar adonan mengembang sempurna. Kumpulkan sisa-sisa putih telur, tempatkan dalam wadah kering dan bertutup rapat, lalu simpan dalam freezer. Putih telur bisa awet selama berbulan-bulan dalam freezer yang masih bekerja dengan baik. Putih telur ini bisa dimanfaatkan untuk membuat cake putih telur, lidah kucing, atau dikukus lebih dulu dan diolah menjadi lauk.
  3. Gula Pasir
    Berguna sebagai pemberi rasa pada martabak serta memberi warna coklat alami pada martabak. Gunakan gula sesuai resep yang saya berikan. Apabila kurang dari resep maka kulit martabak akan keriput atau kuncup seperti bunga dan warna terlihat pucat. Dan apabila terlalu banyak maka martabak akan hangus atau gosong.
  4. Air
    Diperlukan untuk melarutkan bahan kering dalam adonan dan mengatur kekenyalan adonan.
  5. Garam
    Berguna untuk memberi rasa dan pengontrol adonan.Penggunaan garam sekitar 2% dari berat tepung.
  6. Vanili
    Merupakan bumbu yg hampir selalu disertakan dalam proses pembuatan kue atau dessert manis. Ada 2 macam Vanili yg beredar dipasaran, yg ALAMI(buah kering vanili mirip spt buncis yg kering dan ekstraknya). Dan SINTETIS (vanili bubuk dan esens vanili).
  7. Busoku
    Pasti baru pada dengar nama bahan yang satu ini, inilah rahasia keberhasilan pedagang martabak bangka yang konon katanya paling lezat didunia. Busoku ini tidak diperjual belikan melainkan racikan turun-menurun yang dipakai oleh pedagang martabak bangka. Trus bagaimana Anda bisa mendapatkan Busoku ini? Dan berapa harganya? Mudah saja jawabannya. Busoku ini bunda jual seharga Rp.2500 bungkus. Jika Anda ingin Busoku ini silahkan Klik Disini. Busoku digunakan untuk membuat martabak mengembang sempurna. Penggunaannya juga disaat akan menuang adonan kedalam loyang.
  8. Mentega
    Perbedaan mentega dengan margarine adalah mentega terbuat dari lemak susu (hewani), sedangkan margarine terbuat dari minyak tumbuhan (nabati). Aroma mentega lebih harum dan terasa legit dibanding margarine. Biasanya para pedagang martabak bangka menggunakan Mentega bukan margarine.
  9. Butter
    Digunaka sebagai penambah aroma wangi pada martabak. Harganya lumayan mahal, tapi ini sangat penting digunakan agar banyak pembeli yang ketagihan dengan aroma yang dikeluarkan.
  10. Meisis
    Digunakan sebagai bahan toppingan martabak. Gunakan meisis yang berkualitas karena salah memilih akan berpengaruh pada rasa martabak yang akan Anda jual dan ini berarti kerugian.
  11. Keju
    Digunakan sebagai bahan toppingan martabak. Gunakan keju yang berkualitas, jangan terpengaruh dengan harga murah karena biasanya harga mempengaruhi rasa.
  12. Susu kental
    Digunakan sebagai pemberi rasa manis dan gurih, dipakai sebagai penutup topping martabak.
Bunda rasa penjelasan diatas cukup membuka wawasan Anda untuk mendapatkan informasi bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan martabak. Selanjutnya bunda akan membagi ilmu yang sangat dinantikan oleh semua pengunjung blog ini yaitu "Resep & Cara Membuat Martabak Bangka". Silahkan dipelajari dan semoga bermanfaat.

Salam Hangat

bundacallysta
owner : ebookmartabak

13 komentar:

  1. Unknown mengatakan...:

    alamat pemesanya di mana?

  1. Unknown mengatakan...:

    bunda sya pengen beli ebook martabak,gimana caranya?krn sya pngen buka martabak,
    mhn infonya mksih

  1. Unknown mengatakan...:

    ahmad jln tamtama rt03 rw10 dsn selomanen desa purwokerto ngadiluwih kediri

  1. Unknown mengatakan...:

    Mau pesen busoku gimana caranya?

  1. Unknown mengatakan...:

    Gmna cara pesan busoku bunda?

  1. Unknown mengatakan...:

    Saya mau pesan busoku bun kek mana caranya

  1. Unknown mengatakan...:

    Gimn pesen busoku nya

  1. Jack karya mengatakan...:

    Ouwww,,,, sy bru tau, klo bahan yg digunakan ad mentega ma butter?
    Klo bleh tau, ap bedanya MENTEGA dg BUTTER?
    yg oon tolong kasih tau dunk..

  1. Jack karya mengatakan...:

    Ouwww,,,, sy bru tau, klo bahan yg digunakan ad mentega ma butter?
    Klo bleh tau, ap bedanya MENTEGA dg BUTTER?
    yg oon tolong kasih tau dunk..

  1. Unknown mengatakan...:

    Bunda saya pingin pesan busoku gimana caranya ya bun

  1. Unknown mengatakan...:

    Bunda saya pingin pesan busoku gimana caranya ya bun

  1. Unknown mengatakan...:

    Bun,, saya mau pesan busoku juga gimana caranya

  1. Maxi mengatakan...:

    Pesan busoku nya giman ya bun?

Posting Komentar