Peralatan yang dibutuhkan

Untuk usaha martabak skala rumahan, alat yang diperlukan termasuk sederhana. Hampir semua ada didapur keluarga ditambah beberapa peralatan berukuran besar. Jadi untuk sementara, Anda tidak membutuhkan investasi peralatan yang besar. Adapun peralatan yang digunakan dalam memproduksi martabak sebagai berikut:



  1. Wadah (Baskom)
    Berguna untuk mencampur adonan. Biasanya, berupa baskom setengah lingkaran yang terbuat dari plastik, stainless steel, atau gelas yang cukup tebal. Pastikan baskom kering dan bersih sebelum digunakan. Selain baskom, diperlukan beberapa wadah atau mangkuk-mangkuk kecil sebagai tempat telur dan margarin atau mentega serta bahan lainnya.
  2. Kocokan telur / Mixer
    Untuk dapat menghasilkan martabak dengan kualitas tinggi, baiknya menggunakan kocokkan telur dalam proses pembuatan adonan, hal ini untuk menghindari adonan matang sebelum dipanggan apabila menggunakan Mixer. Akan tetapi apabila usaha Anda sudah memerlukan produksi dalam jumlah besar, ada baiknya menggunakan mixer yang dikhususkan untuk membuat adonan martabak.
  3. Kompor
    Tidak semua kompor bisa digunakan untuk mendapatkan hasil martabak yang sempurna, biasanya kompor yang paling baik adalah kompor yang mempunyai banyak lubang perapian. Dan kompor ini biasa disebut dengan kompor Api Lilin. Saya sangat sarankan Anda mempunyai kompor ini apabila sudah memulai usaha, disamping bagus untuk memanggang kompor ini cepat dalam proses pematangan.
  4. Gas
    Gas yang digunakan adalah gas yang biasa dijual dipasaran, gunakan gas tabung ukuran 3kg.  Selain murah tabung ini mudah dipindah tempatkan.
  5. Loyang martabak
    Tanpa adanya alat ini dijamin Anda tidak akan pernah berhasil mendapatkan martabak yang sempurna. Ada beberapa jenis bahan kualitas yang terbaik kuningan, tembaga, baja dan besi cor hingga kualitas terburuk alumunium. Bunda sarankan pilih yang besi cor saja.
  6. Kape, Sodet, Sendok
    Digunakan untuk mengambil adonan dari loyang. Serta untuk oles-oles mentega ke martabak.
  7. Timbangan
    Dipakai untuk menimbang bahan-bahan adonan yang diperlukan. Anda bisa menggunakan timbangan per(timbangan analog) atau digital. Pilih timbangan yang akurasinya tepat agar tidak membuat rasa martabak berbeda dalam tiap proses produksi
  8. Takaran
    Ada beberapa jenis takaran akan tetapi yang digunakan untuk martabak adalah :
    1. Sendok Takar
      Digunakan untuk menakar bahan-bahan yang jumlahnya sedikit misalnya vanili bubuk, garam.
    2. Gelas Takar
      Digunakan untuk menakar bahan cair yaitu air.
  9. Ayakan tepung
    Digunakan untuk mengaya bahan kering yang sifatnya mudah menggumpal, misalnya tepung terigu. Alat ini sangat berperan penting dalam menjaga kualitas martabak yang akan kita produksi.
  10. Parutan Keju
    Digunakan untuk membuat topping martabak yang menggunakan toppingan keju.
  11. Tutup Loyang
    Terakhir yang sangat berperan adalah alat ini, karena tanpa tutup loyang dipastikan martabak yang Anda panggang akan mempunyai tingkat kematangan yang kurang baik.
Bunda rasa penjelasan diatas cukup membuka wawasan Anda untuk mendapatkan informasi peralatan yang diperlukan. Selanjutnya bunda akan membagi ilmu mengenai Bahan yang diperlukan dalam proses membuat martabak pada link berikut. Silahkan dipelajari dan semoga bermanfaat.

Salam Hangat

bundacallysta
owner : ebookmartabak

0 komentar:

Poskan Komentar