Memulai Bisnis Martabak Bangka / Terang Bulan

Usaha makanan jajanan (snack) mempunyai peluang yang sangat besar. Salah satu snack yang sering dicari orang adalah martabak. Selain toppingan yang bervariasi, martabak / terang bulan mengenyangkan. Tak heran jika saat ini banyak masyarakat yang mengkonsumsi martabak sebagai camilan yang mengenyangkan dimalam hari. Oleh karena itu, martabak / terang bulan dapat menjadi peluang usaha bisnis yang menjanjikan.

Memulai usaha martabak bangka / terang bulan membutuhkan dana yang relatif kecil. Cukup memaksimalkan peralatan rumah tangga yang ada didapur, Anda sudah bisa memulai usaha ini. Selain itu, pembuatannya dapat dikerjakan secara manual alias dengan tangan atau alat pengaduk listrik (mixer) yang hampir dimiliki oleh semua ibu rumah tangga seperti saya saat ini :). Jadi besar-kecilnya nilai nominal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini tergantung dari besarnya usaha yang Anda rencanakan.

Bagi pemula, Anda dapat memproyeksikan produksi martabak bangka / terang bulan dengan ukuran 12cm (martabak mini) sebanyak 32 buah martabak. Jika dalam 1 resep adonan menghasilkan 8 buah martabak ukuran 12cm maka Anda membutuhkan bahan untuk 4 resep adonan. Oleh karena itu, biaya yang dibutuhkan adalah :
  1. Biaya pembelian bahan-bahan untuk memproduksi 32 buah martabak 12cm (mini).
  2. Biaya operasional yang meliputi biaya listrik/gas, honor tenaga kerja yang membantu, pembelian kemasan, pendistribusian dan pemeliharaan peralatan yang dibutuhkan untuk simulasi nominalnya akan saya jelaskan pada postingan berikutnya. Jadi sabar yah :) dan tetap ikuti blog ini.
Selain modal finansial maka sebagai pemula, Anda dituntut untuk :
  1. Mengetahui seluk-beluk tentang martabak bangka / terang bulan.
  2. Mempunyai kemampuan membuat martabak bangka / terang bulan yang dibutuhkan untuk memproduksinya.
  3. Ulet dan gigih dalam mempromosikannya serta tidak mudah menyerah atau putus asa.
Bunda rasa penjelasan diatas cukup membuka wawasan Anda untuk berwirausaha khususnya bidang martabak bangka / terang bulan. Selanjutnya bunda akan memberikan TIPS "Kiat Khusus Pemula" pada link berikut. Silahkan dipelajari dan semoga bermanfaat.

Salam Hangat

bundacallysta
owner : ebookmartabak

2 komentar:

  1. Unknown mengatakan...:

    bunda, saya tertarik membuka usaha martabak bangka di kota saya. Bole tau perincian modal biaya dan yang lainnya? Trims

  1. endang suherman mengatakan...:

    Sy tertarik dgn usaha martabak bangka mohon solusinya...untuk menunjang kehidupan sy sdh tdk bekerja lg ... Terima kasih yg dalam jika bunda berkenan membagi ilmu semoga berkah

Posting Komentar